Senin, 17 September 2012

INOVASI PEMBELAJARAN


DARI BAYAM (Amaranthus hibridus), KOL UNGU  (Brassica Oleraceae) SAMPAI STRATEGI PQ4R  INOVASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS EKSPERIMEN  DALAM MEWUJUDKAN SISWA AKTIF, KREATIF, TERAMPIL DAN INOVATIF

Oleh :
USMAN, S.Si.
Guru SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III
Propinsi Sumatera Selatan, 2012


ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengoptimalkan pembelajaran Biologi yang mewujudkan Siswa Aktif, Kreatif, Terampil dan Inovatif dalam perspektif sekolah gratis di SMA negeri 1 Banyuasin II. (2) Untuk mengetahui cara mengefektifkan kegiatan pembelajaran dengan mengunakan alat peraga mandiri (praktikum sederhana), strategi pembelajaran PQ4R dan pameran belajar. (3) Merancang suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi hambatan rendahnya kemampuan berpikir siswa serta menciptakan kondisi yang menarik dan menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi lebih kondusif. (4) Memanfaatkan bahan-bahan disekitar siswa dan perkembangan teknologi sebagai sumber belajar yang dapat menggambarkan konsep osmosis dan peritiwa respirasi secara representatif
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei 2010, bertempat di SMA Negeri 1 Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dimana menurut Ibnu Hadjar (1999) penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan akurat tentang fenomena yang diselidiki. Inovasi pembelajaran yang penulis lakukan adalah dengan, membuat alat-alat peraga sendiri dari bahan-bahan disekitar siswa dan merancang eksperimen sendiri sesuai karakteristik lingkungan. Alat peraga yang  penulis rancang dan berhasil dibuat oleh siswa antara lain : (1) Penggunaan Media Bayam (Amaranthus hibridus), yaitu penggunaan media bayam untuk membuktikan proses osmosis, (2) Penggunaan Kol Ungu dalam membuktikan proses Respirasi menghasilkan CO2.
Berdasarkan hasil penerapan yang telah dilakukan dalam inovasi pembelajaran ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut  (1) Dalam upaya menumbuhkan motivasi siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran Biologi harus diupayakan suatu pembelajaran yang menciptakan suasana siswa yang aktif, kreatif, terampil dan inovatif dengan penggunaan metode, strategi belajar yang tepat dan variatif dan ditunjang dengan kegiatan-kegiatan praktikum dan penggunaan alat peraga. (2) pembelajaran Biologi dapat dilakukan dengan menggunakan alat peraga mandiri serta strategi belajar, penggunaan pameran belajar. Alat peraga mandiri yang digunakan adalah penggunaan batang bayam (Amaranthus hibridus) Serta penggunaan indikator alami kol ungu dalam mendeteksi adanya CO2 dalam hasil pernafasan. (3) Inovasi pembelajaran Biologi ini dapat dievaluasi melalui penilaian terhadap daya serap siswa (aspek kognitif), penilaian terhadap aspek sikap (afektif) dengan pengamatan selama proses berlangsung  dan penilaian aspek keterampilan (psikomotorik) oleh guru. (4) Dalam kondisi alat dan bahan yang terbatas, guru dituntut untuk bersikap kreatif dan inovatif dengan merancang praktikum-praktikum alternatif dan alat peraga mandiri dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada di sekitarnya yang memiliki nilai positif bagi siswa, guru dan juga masyarakat.

Kata Kunci : Strategi Belajar PQ4R, Aktif, Kreatif, Inovatif, Eksperimen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar